PERKENALKAN, NAMAKU “NAKAMURA SEITAI”

PERKENALKAN, NAMAKU “NAKAMURA SEITAI”


Aku NS, Nakamura Seitai
Teman-teman, perkenalkan namaku NS. Nakamura Seitai lengkapnya. Aku “pindahan” dari Jepang. Aku pindah ke Indonesia karena ingin berbagi kesembuhan sebagaimana teman-temanku dulu. Umurku masih 12 tahun karena aku “dilahirkan” (didirikan) pada tanggal tanggal 14 Februari 2004 di kota Solo. Terlahir dengan  izin Maha Kuasa melalui seorang insan, bernama Gus Minging D. S., Psi. Nakamura Seitai sebenarnya bukan nama orang. Aku adalah pengobatan tradisional berbasis SEITAI

Apa itu Seitai ? Sebagian teman-teman pasti belum pernah dengar. Aku tercipta melalui sejarah yang panjang. Dimulai sekitar 1500 tahun, para pendeta Budha dari Cina datang ke Jepang dengan misi menyebarkan agama Budha sekaligus membawa naskah-naskah kuno yang menjadi dasar pengobatan tradisonal Jepang. Kemudian seorang pendeta Budha, Chi So namanya, membawa pengobatan Cina dalam 160 naskah buku pada tahun 562.  Berkembang dan berlanjut dengan didirikannya Institusi Pendidikan Jepang pertama kali sekitar tahun701-702, di mana seseorang yang hendak menjadi akupunturis menempuh pendidikan selama 7 tahun dan untuk menjadi seorang ahli pijat menempuh 3 tahun pendidikan.

Puncaknya di masa Edo (1911-1976), aku (Seitai) berkembang dan lahir bersama teknik-teknik pengobatan lainnya. Para ahli pengobatan Jepang melakukan pembedahan mayat dan berhasil mempetakan hubungan tulang belakang dengan organ-organ dalam manusia. Sejak itulah ilmu Seitai mulai diwariskan dari generasi ke generasi.

Melalui Gus Minging D. S., Psi. Seitai berkembang dan tersebar luas di Indonesia. Beliau belajar dari Hamada Mihoko Sensei di kota Kagoshima, Jepang.

Dari  Solo untuk Indonesia
Seitai itu asli Jepang dan Nakamura Seitai adalah pengobatan tardisional berbasis seitai yang didirikan di Solo oleh terapis Gus Minging D. S., Psi. Alumni psikologi UI.

Berawal dari Solo, Nakamura terus mendapat respon positif dari masyarakat karena telah merasakan manfaat kesehatan yang diperoleh. Media massa lokal maupun nasional banyak andil dalam  mempublikasikan Nakamura Seitai ke kalangan umum. Media elektronik seperti Metro TV ( program acara Metro Siang) , Trans TV ( program acara Sisi Lain dan Good Morning ) dan indosiar pun pernah mengulas Nakamura Seitai. Media cetak nasional seperti Kompas, Jawa Pos, Kedaulatan Rakyat serta media cetak lokalpun turut membesarkan nama Nakamura Seitai (Clarina, 2015).

Gebrakan yang sangat unik adalah dengan diluncurkannya nakamura pada awal 2005 didalam kereta jurusan Jakarta – Solo (pulang pergi) Argo Lawu dan Argo Dwipangga . boleh dikatakan bahwa gebrakan ini merupakan terapi pertama di atas kereta api di Indonesia, bahkan mungkin didunia. Untuk layanan kesehatan yang unik di nakamura memperoleh pengharaan MURI (Clarina, 2015).

Pada tahun 2006 Nakamura terpilih sebagai official treatment pada international Solo Tennis Open yang diikuti oleh 20 negara dan dibuka oleh Guberur Jawa Tengah. Di sana Nakamura ikut berperan dalam membantu para atlet menghadapi masalah ketegangan atau cedera otot karena overuse.Kemudian sebagi salah satu bentuk CSR pada pertengahan tahun 2009 nakamura membuka outket di PMI Cabang Surakarta, sebagian hasil yang diperoleh disumbangkan kepada PMI (Clarina, 2015).
Pengobatan Seitai di Indonesia terdiri dari  beberapa teknik yaitu kiropraktik, refleksi dan akupresur.

http://goo.gl/3GwkWA


Apa itu Kiropraktik, Refleksi, Akupresur
1.      Kiropraktik/ Chiropractic
 Seperti osteopati, kiropraktik merupakan metode penggeseran sendi, tapi teknik yang digunakan sedikit berbeda. Kiropraktik menitikbertakan pada ide bahwa tulang belakang merupkan pusat kesehatan. Kesalahaan posisi ruas tulang belakang bisa menyebabkan rasa sakit dan kesulitan bergerak, serta mungkin akan berdampak pada bagian lain tubuh. Ahli kiropraktik menggunakan tekanan, pijatan dan pergesaran ruas tulang belakang yang diberikan dengan sangat tepat untuk mengembalikan tulang belakang ke posisi yang benar. Para pakar kiropraktik menggunakan teknik khusus yang sangat lembut, dan cenderung menangani seluruh tubuh dalam setiap sesi (Davies, 2007).

Saat masalah telah teridentifikasi, chiropractor (praktisi chiropractic) akan mencoba untuk memperbaiki masalah nyeri punggung yang Anda rasakan dengan mengurangi ketegangan pada otot-otot, sehingga  kolumna spinalis (saluran sumsung tulang belakang) menjadi lebih lurus dan memberikan tekanan yang lebih sedikit pada sendi, yang pada akhirnya dapat mengurangi nyeri (Bull dan Archard, 2007).  Manipulasi ringan pada tulang belakang akan dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh dan untuk menghilangkan rasa kaku yang muncul akibat kecelakaan atu stress. Sesi-sesi terapi yang dilakukan secara teratur bisa membantu wanita hamil untuk menyesuaikan postur tubuh sehingga mereka lebih siap mengatasi beban kehamilan. Terapi ini juga bisa meringankan masalah-masalah panggul dan membuat proses kelahiran menjadi lebih mudah (Charlish dan Davies, 2008).

Kapan sebaiknya mendatangi chiropractor ? Ketika mengalami :
a.       Sakit kepala, terutama di seputar tengkuk dan dahi
b.      Sakit pinggang, baik yang menjalar sampai kaki maupun tidak
c.       Sakit di tubuh dan dokter tidak bisa mendiagnosis penyakitnya
d.      Kesemutan dan baal (hilang rasa) yang berlangsung lama dan terus-menerus
e.       Nyeri di sekitar bahu dan bahu bagian belakang
(Ulung, 2010).

2.      Refleksi
Refleksi sering kali diidentikkan dengan pijat kaki meskipun pada kenyataannya tidak seperti itu, bagian lain juga dipijat. Pada pijat refleksi dilakukan penekanan di titik tertentu di telapak dan punggung kakik yang berhubungan dengan system organ tubuh. Manfaat refleksi adalah untuk meregangkan otot-otot yang tegang dan menghilangkan pegal-pegal akibat posisi tubuh serta aktivitas yang berlebihan (Suranto, 2011). Manfaat lainnya  adalah  mencegah  berbagai  penyakit, meningkatkan  daya  tahan  tubuh,  membantu mengatasi stress, meringankan gejala migrain, membantu penyembuhan penyakit kronis, dan mengurangi   ketergantungan   terhadap   obat-obatan
(Wahyuni cit. Rezky et. al.,  2015).

Terapi refleksi telapak kaki dan tangan telah dikembangkan di mMsir sejak tahun 2330  Sm dengan ditemukannya gambar-gambar pada dinding Kuburan Ankhmahor di Saqqara, Mesir. Masyarakat Tionghoa juag telah memanfaatkan terapi pijat refleksi sejak ribuan tahun lalu. Namun, karena masyarakat Tionghoa pada ma situ bersikap sangat tertutup sehingga ilmu ini tidak berkembang. Padahal secara praktek dapat dibuktikan bahwa terapi pijat memiliki efektivitas cukup tinggi. Bukan hanya melancarkan peredaran darah, tetapi juga menambah energi. Hal ini disebabkan pijat secara mekanis memiliki kemampuan melatih saraf dan otot tubuh sehingga tubuh lebih fit dan mampu menangkal penyakit (Nilawati, 2008).

Pijat refleksi dapat memberikan ketenangan dan mampu mengobati masalah kesehatan tertentu.pijat ini tepat untuk menyembuhkan sakit kepada akibat ketegangan dan migren.
Kepala direpresentasikan oleh jempol kaki. Bagian kanan kepal terletak di jempol kaki kanan, dan bagian kiri kepala terletak di jempol kaki kiri. Sementara itu, kedelapan jari kaki lainnya merefleksikan bagian-bagian lain di kepala. Dengan menekan lembut titik-tiik tertentu, pijat refleksi akan merangsang tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri (Airey, 2001).

Dasar penyembuhan pijat refleksi adalah gerakan refleks, di mana setiap gerakan tidak melalui otak dahulu. Pijat refleksi dilakukan di daerah refleksi. Daerah refleski meliputi ttik pusat urat saraf dan titik tersebut berhubungan dengan organ tubuh tertentu. Memijat daerah refleksi berarti memberikan rangsangan yang akan diterima oleh urat saraf sensorik dan langsung disampaikan oleh urat saraf motorik kepada organ sasaran yang dikehendaki. Tujuan pemijatan ini adalah untuk melancarkan sirkulasi darah pda organ tersebut. Jika sirkulasi darah lancar maka proses pembuangan racun ataupun hasil metabolisme menjadi lancar (Wening et . al., 2008).

Teknik-teknik  dasar yang   sering   dipakai   dalam   pijat   refleksi diantaranya : teknik   merambatkan   ibu   jari, memutar tangan dan kaki pada satu titik, serta teknik  menekan  dan  menahan.  Rangsangan-rangsangan  berupa  tekanan  pada  tangan  dan kaki dapat  memancarkan gelombang-gelombang    relaksasi ke    seluruh    tubuh (Wahyuni cit. Rezky et. al.,  2015).

3.      Akupresur
Akupresur adalah sebuah ilmu penyembuhan dengan cara menekan, memijat, mengurut bagian dari tubuh dengan maskud mengaktifkan kembali peredaran enegri vital. Akupresur disebut juga akupunktur tanpa jarum, atau pijat akupunktur. Teori akupunktur menjadi dasar praktek akupresur. Akupunktur menggunakan jarum sebagai alat bantu prakte, sedangkan akupresur menggunakan jari, tangan, bagian tubuh lainnya atau alat tumpul sebagai pengganti jarum (Sukanta, 2001).

Keberhasilan akupresur tergantung pada berbagai faktor seperti durasi penyakit, kerusakan yang telah ditimbulkan pada tubuh dan keadaan umum pasien. Namun demikian, pada penyakit yang sulit untuk disembuhkan, akupresur mencegah penyakit menjadi lebih parah atau menghilangkan keluhan nyeri sehingga pasien dapat hidup dengan lebih aktif dan bermanfaat (Indrawati et. al., 2016).

Salah satu pendekatan yang menarik dari akupresur adalah penanganannya tidak terbatas pad organ yang bermasalah saja, tapi juga pada sumber msalah yan sering berada di luar organ yang bermasalah. Untuk seorang pasien yang mengalami serangan asma, dokter (pengobatan alopatik) akan meresepkan antihistimin, steroid, atau bronkodilator untuk melegakan penderitaan yang dialami pasien pada fungi paru-paunya. Sedang skupresur akan membaca seluruh tubuhnya (melalui teknik diagnose seperti membaca pulsa nadi atu wajah) untuk menentukan akar permasalahan pasien, yang berujung pada keluhan berupa asma. Akar permasalahannya bisa berupa pencernaan yang kurang baik, panas dalam, peredaran darah yang buruk, depresi, gangguan pada system hormonal, atau paru-parunya sendiri yang lemah (VitaHelath, 2005).

Hasil Riset  Kiropraktik, Refleksi, Akupresur
Disebut dalam Jurnal Kesehatan Volume 8 Nomor 2. telah dilakukan suatu penelitian tentang efektifitas pijat refleksi kaki dan hipnoterapi terhadap penurunan tekanan darah pada pasien  hipertensi. Didapatkan hasil bahwa Pijat   refleksi   kaki   dapat menurunkan tekanan darah, dari  60  responden didapat  nilai penurunan tekanan darah systole  sebesar  23,5  mmHg  dan diastole   sebesar   8,42   mmHg (Nugroho et. al., 2012).  

Pada penelitian lain yang dilakukan di Panti Tresna Werda Kabupaten  Lamongan  didapatkan  sebagian  besar  responden  mengalami depresi  sedang, karena  penurunan  fungsi  fisik  atau  penyakit  fisik  dan  faktor  psikologis  meliputi stress yang  menumpuk, sehingga  sering  menimbulkan  keluhan  dan  tak  mampu  mengambil keputusan memulai suatu kegiatan, tak mampu konsentrasi, tak punya semangat hidup, selalu dan tegang. Sesudah di berikan terapi pijat refleksi, tingkat depresi  pada  lansia  di  Panti  Tresna  Werda  Kabupaten  Lamongan  sebagian  besar responden    tidak    mengalami    depresi. Penurunan    tingkat    depresi   dikarenakan  keberhasilan  proses  neurotransmitter  saat  dilakukan  pijat  refleksi. Hal  ini  ditunjukan    dengan  adanya  responden  yang  tidak  mengalami  depresi setelah  dilakukan  pijat  refleksi.  Sehingga  peran  stimulus  dalam  mempengaruhi peranan     neurotransmitter     untuk     menghasilkan     hormon     yang     mampu mempengaruhi kinerja medulla spinalis dapat mempengaruhi tingkat depresi pada lansia. Ada    pengaruh  terapi    pijat    refleksi    terhadap    tingkat    depresi    pada lansia. Pemberian terapi pijat refleksi dapat memberikan rasa nyaman. Rasa nyaman tersebut dijadikan sebagai motivasi dalam diri untuk melakukan sesuatu hal yang dapat  menurunkan  depresi (Rahmawati et. al., 2015).

Penelitian yang dilakukan (Ariska cit. Ridwan dan Herlina, 2015) di pada remaja putri di SMAN 1 Pekalongan menemukan dari 21 orang yang dilakukan akupresur 80,95% terjadi penurunan tingkat nyeri dan perbedaan rata-rata intensitas nyeri sebelum dan sesudah terapi akupresur sebesar 1,810. Penelitian Chen, et. al. cit. Ridwan dan Herlina (2015), menyebutkan bahwa terapi akupresur pada titik SP6 (titik ini terletak sekitar tiga cun atau sekitar empat jari di atas malleolus internus, tepat di ujung tulang kering) dapat menurunkan tingkat nyeri pada saat dismenore. Hal ini menandakan terapi akupresur dapat menurunkan intensitas nyeri haid (dismenore).

Laporan acak menunjukkan bahwa perawatan kiropraktik menjadi efektif dalam hampir 70 persen kases, di mana ia berhasil mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan dan dalam beberapa kasus bahkan menghentikan perkembangan kurva. Menurut sebuah studi terbaru, perawatan kiropraktik telah terlihat cukup efektif dalam mengurangi rasa sakit dan kecacatan yang terkait dengan skoliosis dewasa (Lau, 2014).

Singgah ke tempat Nakamura Seitai
Terapi tubuh berbasis Jepang, Nakamura Seitai, kini sudah merambah ke berbagai kota di seluruh Indonesia. Anda dapat melihat lokasi di peta berikut. Klinik Nakamura menawarkan pelayanan yang dapat mengurangi keluhan gangguan kesehatan yang sering dialami pasien dengan masase, diantaranya adalah :
1.      Terapi seluruh tubuh (120 menit) yaitu seluruh bagian tubuh anda akan diterapi dengan gabungan terapi zona, akrupresur, seitai jepang, akrupresur wajah akan membuatmencapai rileksasi yang mendalamsehinga terjadi perbaikan sel-sel tubuh yang rusak, organ dalam dan otot.
2.      Mixed treatment (90 menit) yaitu terapi gabunganmeliputi terapi zona, akrupresur tangan dan seitai yang dipaduhan sehingga menyehatkan dan membuat rileks tubuh.
3.      Seitai jepang (60 menit) yaitu terapi difokuskan daerah sekitar tulang punggung, pundak, tangan dan kaki dengan tekanan lembut mengunakan tanggan.
4.      Kiropraksi leher dan pundak (30 menit) yaitu terrapi dilakukan untuk menghilangkan ketegangan otot leher dan pundak.
5.      Akupresur wajah (60 menit) yaitu penekanan dengan tangandilakukan secara hati-hati dan lembut di wajah untuk menyegarkan kulit dan meremajakan aura wajah.
6.      Terapi zona (60 menit) terapi ini dilakukan dengan penekanan pada sekitar telapak kaki untuk meningkatkan kesehatan organ dalam seperti lever, ginjal, lambung.
7.       Akupresur tangan (30 menit) terapi dilakukan pada 6 titik meridian di tangan seperti usus besar, usus kecil, triple heaters, paru-paru, selaput jantung dan jantung.
8.      Akupresur anak (60 menit) sangat cocok untuk anak usia 3-10 tahun supaya meningkatkan konsentrasi, daya ingat, kemampuan belajar, dan menstabilkan nafsu makan.
9.      Terapi ear candle (20 menit) terapi alami dan tradisional ini mengunakan lilin kusus yang diselipan ketelinga untuk membersihkan telinga dan kotoran.
10.   Terapi pelangsing perut (60 menit) yaitu pembakar lemak cepat dengan teknik terapi akrupresur dan seitai untuk membuat perut mengecil secara alami dan aman, diadakan pengukuran sebelum dan sesudah terapi (Sundari, 2012).

Selain perawatn di atas Anda dapat mencoba dan merasakan beberapa perawatan berikut :
1.      Knee care treatment (60 menit) bermanfaat untuk keluhan yang diakibatkan karena kekakuan dan rasa nyeri dilutut yang disebabkan karena trauma, faktor kelainan anatomi, faktor pekerjaan fisik yang terlalu berat bertumpu pada lutut serta kebiasan olahraga. Treatment ini bertujuan untuk pengendalian rasa sakit, memperbaiki fungsi sendi yang terserang dan menghambat penyakit supaya tidak menjadi lebih parah dan agar penderita dapat melakukan aktivitas optimal dan tidak tergantung pada orang lain. Lutut Anda akan terbebas dari rasa sakit dan mampu bergerak secara lebih bebas.
2.      Lumbar care treatment (60 menit). Terapi ini difokuskan pada bagian pinggang, kaki dan lutut. Terapi ini sangat cocok bagi pasien yang mengalami nyeri pinggang karena keseleo atau ketegangan pada otot dan jaringan lunak dari belakang maupun terlalu banyak aktivitas atau penggunaan otot-otot punggung yang menyebabkan rasa sakit serta faktor bertambahnya usia. Cocok untuk Anda yang bekerja di luar kantor, lapangan, olahragawan, dan banyak berdiri.  
3.      Frozen shoulder treatment (60 menit). Terapi difokuskan pada daerah sekitar pundak, punggung, leher untuk menghilangkan nyeri dan ketegangan otot pada sekitar bahu yang disebabkan pertambahan usia, jenis pekerjaan, imobilitas karena faktor cedera dan pasca operasi dan penyakit sistemik, seperti: diabetes, hipertiroidisme, hipotiroidisme, penyakit kardiovaskular, tuberculosis dan Penyakit Parkinson. Manfaat lain untuk memperbaiki sirkulasi darah dan permukaan metabolisme setempat, melemaskan otot otot yang kejang, dan melepaskan perlengketan antar otot kapsuler. Sangat cocok untuk para pekerja kantor atau yang duduk lama didepan komputer.
4.      Masculine power therapy. Terapi ini berfokus pada peningkatan kekuatan tubuh dan pemeliharaan vitalitas tubuh, memampukan tubuh untuk menggunakan energi bawaan dan meningkatkan energi tubuh, sehingga daya seksualpun akan meningkat dengan sendirinya. Hasilnya, Anda akan mampu membahagiakan pasangan Anda dan tak perlu merasa rendah diri lagi. Terapi Nakamura (refleksi, accupresure, dan seitai) menunjukkan hasil yang baik untuk mengatasi impotensi, ejakulasi dini, kurang gairah seksual yang justru diakibatkan oleh penyebab yang tidak jelas. Terapi ini akan fokus pada tsubo (titik darah) yang sebagian besar terletak pada sekitar perut, pinggang bawah, dan kaki sehingga akan meningkatkan energi seksual Anda secara alami.
5.      Female wellness therapy. Terapi ini memfokuskan diri pada keluhan kesehatan wanita secara khusus. Terapi ini akan bermanfaat untuk mengurangi sakit saat menstruasi, mens tidak lancar atau tidak teratur, menyehatkan Ovarium dan organ reproduksi, serta memperbaiki kesuburan. Dengan meningkatnya Vitaitas tubuh wanita, sirkulasi darah dan energi mampu membuat tubuh wanita menjadi hangat, sehingga dapat menghilangkan kedinginan di tubuh. Kehangatan ini akan mampu menjaga emosi wanita supaya tidak mudah meledak emosi ataupun mudah stres. Terapi ini juga mampu untuk meningkatkan gairah seksual pada wanita yang Frigid (dingin). Terapi tsubo (titik darah) sekitar perut, pinggang, kaki, kepala yang dipadu dengan seitai Jepang akan membebaskan permasalahan kesehatan wanita.
6.      Beauty Seitai (60 menit). Dilandasi Ilmu Seitai, Nakamura menghadirkan sebuah terapi yang menstimulasi metabolisme, memperkuat pembuluh kapiler, membersihkan jaringan limpa di wajah dan menjadikan wajah sehat, bersih alami, bebas kusam, jerawat dan komedo (http://nakamura.co.id).


DAFTAR PUSTAKA

Airey, R. 2001. 50 Rahasia Alami Mengobati Sakit Kepala. Erlangga, Jakarta.
Bull, E. dan G. Archard. 2007. Simple Guide : Nyeri Punggung. Erlangga. Jakarta.
Calrina. 2015. Perancangan Ulang Identitas Visual Nakamura Reflexology. Skripsi. Desain Komunikasi Visual . Fakultas Komunikasi dan Multimedia.  BINUS. Jakarta.
Charlish, A. dan K. Davies. 2008. Meningkatkan Kesuburan untuk Kehamilan Alami. Esensi. Jakarta.
Davies. K. 2007. Buku Pintar Nyeri Tulang & Otot : Petunjuk Lengkap Perawatab Seluruh Persendian, Otot, dan Tulang Punggung Anda. Erlangga. Jakarta.
Indrawati, L., W. Sari, dan C. S. Dewi. 2016. Care Yourself Stroke. Penebar Plus+. Jakarta.
Lau, K. 2014. Pembedahan Skoliosis Lengkap Buku Panduan bagi Para Pasien. Kesehatan di Tangan Anda Pte Ltd.
Nilawati, S., D. Krisnatuti, B. Mahendra, dan O. G. Djing. 2008. Care Yourself : Kolesterol. Penebar Plus+. Jakarta.
Nugroho, I. A., Asrin, dan Sarwono. 2012. Efektifitas Pijat Refleksi Kaki dan Hipnoterapi terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan Vol. 8  No. 2 : 57-63.
Rahmawati, R. dan H. F. Syah. 2015. Pijat Refleksi Menurunkan Tingkat Depresi pada Lanjut Usia. Journals of Ners Community Vol. 6 No. 1 : 28-33.
Rezky, R. A. , Y. Hasneli, dan O. Hasanah. 2015. Pengaruh Terapi Pijat Refleksi Kaki terhadap Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi Primer. JOM Vol. 2 No. 2 : 1454-1462.
Ridwan, M. dan Herlina. 2015. Metode Akupresur untuk Meredakan Nyeri Haid. Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai Vol. 8 No. 1 : 51-56.
Sari, W., L. Indrawati, dan O. G. Djin. 2008. Care Your Self : Hepatitis. Penebar Plus+. Jakarta.
Sukanta, P. O. 2001. Akupresur & Minuman untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
Sundari, A. S. 2012. Persepsi Pasien terhadap Jasa Pelayanan Masase di Klinik Nakamura. Skripsi. Program Studi Ilmu Keolahragaan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta
Suranto, A. 2011. Pijat Anak. Penebar Plus+. Jakarta.
Ulung, G. 2010. 50 Tempat Pengobatan Alternatif Palin Dicari di Jabodetabek. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
VitaHealth. 2005. Asma : Informasi Lengkap untuk Penderita dan Keluarga. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Widyatuti. 2008. Terapi Komplementer dalam Keperawatan. Jurnal Keperawatan Indonesia, Vol. 12 No. 1 : 53-57.
http://nakamura.co.id/read/service-kami

 
Share on Google Plus

About Heru Purnomo

Aku hanya seorang biasa. Tapi punya rasa. Dibilang biasa juga gak papa. Yang penting bermanfaat buat semua

0 komentar :

Post a Comment