Awas Mbak, Pelembab Kulit Itu Berbahaya



Seperti yang kita tahu betapa banyak produk pelembab yang bertebaran di toko-toko kosmetik. Namun apakah kamu tahu dibalik manfaatnya tersebut, juga ada sisi sebaliknya yang berbahaya untuk kulit.
Berbagai merek dengan kandungan yang berbeda memiliki efek berbeda pula. Ada yang mencantumkan kandungan bahan dengan jelas dan tidak sedikit pula yang mengakali calon konsumen dengan mengganti nama bahan atau hanya berbentuk kode tertentu.
Oleh karena itu, mari kita cermati produk kelembaban kulit sebelum membelinya. Telitilah kandungannya.  Harga yang murah dengan embel-embel manfaat segudang, sebaiknya tidak dijadikan referensi untuk memilih suatu produk.

Nah, pertanyaannya sekarang adalah, “Mengapa kamu harus memakai pelembab kulit ?”

“Apa ada jenis pelembab yang berbahaya ?”

“Terus, bagaimana memilih jenis pelembab kuli yang tepat ?”

Kalau penasaran, kamu harus  lanjut baca artikel ini !
Kita hidup di lingkungan yang dipenuhi oleh listrik statis. Sebenarnya, setiap tindak tanduk kita, seperti berjalan, bersandar di kursi, duduk, atau tidur bisa menyebabkan listrik statis terkumpul. Namun, aktivitas-aktivitas semacam ini hanya menghasilkan listrik statis  dalam kadar yang kecil sehingga kita tidak bisa merasakan efeknya. Tetapi, jika beberapa faktor terpenuhi, kadar listrik yang terakumulasi bisa menjadi lebih besar. Dalam kondisi seperti ini, kemungkinan kita menjadi kesetrum menjadi semakin lenih besar juga.  Pakaian yang terbuat dari wol, sutra, bulu, polyester, karet, vinyl, nylon, dan materi sintetis lainnya akan meningkatkan kemungkinan pengumpulan listrik statis. Di negara-negara Eropa, seperti Inggris, persoalan ini sangat umum terjadi sehingga mereka menciptakan produk-produk antilistrik statis untuk pakaian, seperti Static Guard yang dapat disenprotkan ke pakaian untuk mengurangi listrik statis yang menumpuk. Selain itu, mereka  memasang pelembab udara atau ionisasi udara di rumah dan mengenkan pakaian katun. Selain itu,  mereka juga menggunakan banyak pelembab kulit untuk mencegah terciptanya listrik statis yang tercipta dari kulit yang kering (semakin kering kulit kita, maka kemungkinan listrik statis dihasilkan akan menjadi semakin besar). Siapa sangka, selain baik untu kesehatan kulit, pelembab kulit ternyata baik untuk kesehatan jantung (biar gak kesetrum) (Leoni, 2013).


Kulit yang sehat adalah dambaan bagi kaum hawa sebagai permata indah di dunia. Wanita yang cantik adalah wanita yang berkulit sehat. Oleh, karena itu, maka sangat penting kulit untuk dirawat dan diperhatikan.
Dalam  buku “Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik” dijelaskan betapa pentingnya  merawat kulit dengan pelembab kulit (Tranggono dan Latifah, 2007).
Apa penjelasan yang ada dalam buku tersebut ? Ayo baca dibawah ini!

Secara alamiah kulit memiliki lapisan lemak tipis di permukaannya (terdapat pada lapisan stratum corneum), yang antara lain terdiri atas produksi kelenjar minyak kulit. Pembentukan lapisan lemak tersebut terutama untuk melindungu kulit dari kelebihan penguapan air yang akan menyebabkan dehidrasi kulit.
Stratum corneum yang merupakan lapisan kulit yang paling luar dan tersusun atas sisiksisik keratin dan semen yang mirip lilin, yang mengsisi celah-cleah pringan keratin. Keratin terdiri dari molekul-molekul rantai panjang yang dihubungkan satu sama lain dengan jembatan garam atau hydrogen. Semakin sedikit jumlah air di antara ranta-rantai, semakin kuat ikatan itu dan semakin rendah elastisitas jaringan keratin stratum corneum. Kulit akan kering dan pecah-pecah, membentuk retak-retak mendalam mirip huruf V.

Mikroorganisme, kotoran, sisa sabun, dan lainlain akan masuk dan menumpuk dalm celah-celah itu, sehingga menimbulkan berbagai gangguan kebersihan dan kesehatan serta menjadi sumber infeksi. Bila bakteri atau bahan iritan menembus retak V tersebut mengakibtakan migrasi sel yang sangat cepat ke atas kulit sehingga menimbulkan penebalan, selanjutnya menjadi sisik-sisk yang kasar pada kulit. Apabila sisik-sisik ini terlepas, terjadi celah yang lebih dalam yang dapat menampung lebih banyak kotoran dan mikroorganisme. Tahap berikutnya akan terjadi peradanagan dan iritasi pada kulit. Di sinilah perlunya pelembab kulit untuk mencegah dehidrasi kulit yang menyebabkan kekeringan dan retak-retak



Setelah kamu membaca dan kemudian mengerti betapa penting manfaat pelembab kulit, maka tidak ada salahnya untuk mengetahui produk-produk pelembab yang berbahaya bagi kesehatan.. Jangan sampai tubuh kita rusak hanya karena salah memilih pelembab. Mulai kini, hindari penggunaan pelembab yang mengandung empat zat berikut (Noorastuti, 2010) :
1.      Parabens
Dalam 20 tahun terakhir, banyak produk kosmetika yang menggunakan zat kimia ini sebagai pengawet. Padahal, berdasar sejumlah studi yang dilakukan sejak 2004, bahan itu menjadi salah satu penyebab pertumbuhan sel kanker payudara. Journal of Applied Toxicology menyebut, 18-20 persen penderita kanker terkontaminasi zat tersebut.
2.      Diethanolamine (DEA)
Dengan kemampuannya menghasilkan busa, bahan ini banyak terkandung dalam produk sabun mandi dan gel. Dalam konsentrasi tinggi, bahan ini sangat berbahaya karena dapat mematikan sel otak.
3.      Fragrances
Bahan ini biasa dicampurkan pada produk krim dingin, cairan pembersih, dan pelembab. Dalam konsentrasi tinggi, bahan ini akan menyebar menjadi racun tubuh yang menyerang sistem kekebalan tubuh. 
4.      Phthalates
Banyak produk pelembab kulit yang mencampurkan bahan ini untuk memberi efek lembut. Padahal, pemakaian zat kimia ini juga memicu pertumbuhan kanker payudara.



Dengan begitu banyak pilihan, dengan berembel-embel kata “murah”, kata “bermanfaat”, kata “dijamin”, atau kata-kata “Anda akan cantik”; kita dipusingkan untuk memilih mana yang tepat dan aman untuk kulit.
Namun, kamu perlu menjadi konsumen yang cerdas dengan mengetahui kandungan bahannya kemudian langkah terakhir memilih pelembab yang tepat.
Cobalah untuk memakai pelembab yang mengandung bahan berikut
1.      Vitamin E
Vitamin E berfungsi menyegarkan otot dan mengencangkan kulit, juga membuat sel-sel organ tubuh awet muda berkata daya tangkalnya terhadap radikal bebas. Kekurangan vitamin E, mudah menimbulkan kelelahan otot; kulit mudah mengeriput dan mengendur (Kusumadewi, 2002).
2.      Non-perfumed,
Pelembab yang menandung parfum dapat menyebabkan alergi dan iritasi pada kulit yang sensitif
3.      Mengandung sorbolone
Sorbolene adalah jenis krim yang tidak menyebabkan iritasi, tak berbau, dan bisa digunakan untuk segala jenis kulit. Bisa dioleskan pada kulit tangan, tubuh, bahkan wajah. Sangat ideal untuk kulit normal, sensitif, maupun kering.
Sorbolene kaya akan kandungan gliserin, yang berasal dari bahan alami, diketahui paling cepat dan efektif meredakan rasa tak nyaman pada kulit kering atau kulit teriritasi akibat sinar matahari. Gliserin bekerja dengan cara mengikat air di sekelilingnya untuk melembapkan kulit.
Sifat sorbolene sedikit berbeda dari pelembap umumnya. Sorbolene tidak menggunakan pengental, pewarna, pewangi, paraben, lanolin, maupun pengawet lainnya. Sehingga, sorbolene jarang mengakibatkan iritasi pada kulit maupun memicu alergi. Bahkan, karena sangat ringan dan alami, bisa digunakan pada kulit sensitif maupun kulit balita.
4.      Halal
Bagi kamu yang beragama Islam memilih pelemba yang halal adalah hal yang sangat wajib. Beberap produk pelembab menggunaknan lemak atau bagian tertentu dari hewan haram. Apabila pelembab ini dipakai tentu akan berstatus najis.
Islam mengajarkan umatnya untuk menghindari barang najis. Bebas  dari najis dan hadats adalah syarat sah sholat. So, kamu harus hati-hati pilih pelembab
Dengan mempertimbangkan bahan kandungan pelembab maka langkah terakhir adalah memilih pelembab. Akan tetapi, “Apakah ada pelembab yang mengandung vitamin E, sorbolone, non-perfrumed, dan halal ?”

Jawanbannya adalah “ADA”. Pelembab ini adalah REDWIN.



REDWIN adalah satu brand kosmetika dari Australia. Sekitar pertengahan 2013 meluncurkan dua produknya di Indonesia yaitu REDWIN SORBOLENE MOISTURISER dan  REDWIN SORBOLONE BODY WASH.
Kedua produk ini dapat diaplikasikan pada anggota badan (tidak termasuk wajah).


Untuk kamu yang ingin pelembab, PILIHLAH REDWIN SORBOLENE MOISTURISER.






PERTAMA,
Diformulasikan untuk mempertahankan kelembaban alami pada kulit dan menjawab masalah-masalah kerusakan kulit. REDWIN SORBOLENE MOISTURISER kaya akan kandungan Vitamin E, Gliserin dan Sorbitol. 
Sementara Gliserin dan Sorbitol berperan penting dalam mempertahankan kelembaban alami kulit agar kulit tetap terhidrasi sepanjang hari. Varian terdiri dari 500 ml dan 100 gr.

KEDUA,
REDWIN menggunakan kandungan utama Sorbolene yaitu krim pelembap yang bersifat tidak kompleks (sederhana) tanpa pewangi dan pewarna. Sehingga dapat digunakan pada kulit yang sensitif

KETIGA,

Mengangkat motto “Nothing but goodness for sensitive skin” Redwin adalah rekomendasi para dermatologis untuk mengatasi masalah kulit sensitif, kering, kasar dan rusak.

KEEMPAT,
Mengandung vitamin E yang diperoleh dari minyak biji gandum :
1.      Meremajakan Kulit
2.      Sebagai anti-oxidant untuk menangkal radikal bebas
3.      Vitamin E mencegah penuaan dini

KELIMA,
Halal pastinya untuk muslim. Tidak lemak babi atau kandungan sejenis. Telah mendapat sertifikat atau uji  kehalalan dari AFIC (Australian Federation of Islamic Council).
Kamu tidak usah khawatir soal keabsahan ibadahmu.



Kamu bisa memiliki produk-produk REDWIN melalui  berbagai modern market, apotek, atau pengen parktis lewat belanaj online.
Inilah REDWIN KITA !!!!!!!


REDWIN SORBOLENE BODYWASH WITH VITAMIN E

Redwin Sorbolene Bodywash with Vit E 500 ml, sabun mandi cair tanpa wewangian dengan tekstur halus yang membersihkan seluruh tubuh dengan lembut sekaligus melembabkan kulit. Merupakan pilihan tepat sebagai pengganti sabun berdeterjen bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.


REDWIN VITAMIN E CREAM WITH EVENING PRIMROSE OIL BODY LOTION

Body lotion dengan kandungan vitamin E dan evening primrose oil serta kaya akan moisturizers alami untuk memelihara kelembaban, melembutkan & menghaluskan kulit kering, mengurangi noda, dan meningkatkan elastisitas kulit



 REDWIN DAILY REVITALISING NOURISHMENT

 Pelembab yang dirancang khusus untuk merevitalisasi serta merawat kulit kering dan sensitif. Body lotion yang diperkaya dengan vitamin A dan E ini dapat menjadikan kulit lebih sehat dan lembut, dapat meningkatkan elastisitas kulit, serta mampu melawan radikal bebas.



REDWIN VITAMIN E CREAM WITH EVENING PRIMROSE OIL PELEMBAB WAJAH

 Redwin Vitamin E Cream With Evening Primrose Oil Pelembab Wajah  merupakan pelembab alami dengan kandungan EPO (evening primsose Oil) dan vitamin E yang menjadikan kulit halus, lembut, dan sehat. Body lotion ini dapat berfungsi sebagai anti-oxidant untuk melawan radikal bebas dan mampu meningkatkan elastisitas kulit. Lotion ini cocok untuk kulit sensitif.

Oke, Tulisan sampai di sini saja. INGAT JANGAN SALAH PILIH PELEMBAB.
Jangan lupa share !
Awas kalau gak share, gue lempar REDWIN ke mukamu (wk wk wk wk)






SUMBER PUSTAKA

Leoni, T. 2013. ENIGMA : Menguak Fakta-fakta Misterius Paling Fenomenal di Dunia. Tangga Pustaka. Jakarta.
Tranggono dan Latifah. 2007. Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Noorastuti, P. T. 2010. Waspadai 4 Zat Berbahaya dalam Pelembab Kulit. http://life.viva.co.id/news/read/134638-waspadai_4_zat_berbahaya_dalam_pelembab_kulit. Diakses tanggal 30 Septembr 2015.
Kusumadewi. 2002. Perawatan dan Tata Rias Wajah Wanita Usia 40+. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
http://www.beritasatu.com/penampilan/127807-krim-kulit-sorbolene-baik-untuk-kulit-sensitif.html

SUMBER GAMBAR

Share on Google Plus

About Heru Purnomo

Aku hanya seorang biasa. Tapi punya rasa. Dibilang biasa juga gak papa. Yang penting bermanfaat buat semua

2 komentar :

  1. Wah, aku udah coba lihat ini coba klo gak percaya lihat di Fanspagenya https://www.facebook.com/RedwinIndonesia

    Ayo yang baca artikel ini, koment ya klo dah pernah nyoba

    ReplyDelete
  2. Coba- cobalah Redwin yang Lembut,
    Rasanya enak,
    Aseli lho,
    Halal,
    Gak percaya,
    Lihat ini https://www.facebook.com/RedwinIndonesia

    ReplyDelete