CATFIZ YANG MEMANG BUKAN IKAN LELE


CATFIZ YANG MEMANG BUKAN IKAN LELE

Catfiz yang satu ini memang bukan ikan lele. Tidak bisa dimakan dan tidak bisa dipancing. Tetapi yang satu ini bisa digunakan untuk berjualan, posting status berbagai konten video, foto, audio, dan berbagai jenis file. Catfiz ini adalah aplikasi smartphone karya anak bangsa yang mendunia dan bertahan di antara aplikasi instans messenger lainnya seperti Whatsapp.



https://www.catfiz.com/download




Kreativitas itu tidak pernah mati
Banyak jalan untuk menjadi kreatif. Cintailah pekerjaan yang sedang Anda geluti. Bersenang-senanglah dan cobalah menjadi ikhlas dengan segala keadaan. Bebaskan beban yang ada di pikiran. Lakukan yang terbaik hari ini dan jangan khawatir dengan hari esok. Tekanan dan keterpaksaan dalam bekerja akan hilang, berganti dengan kebahagiaan sehingga muncullah kreativitas.

Keluarlah dari perputaran kegiatan sama setiap harinya. Karena kita bukanlah robot, kita adalah manusia. Mengutip  penyanyi Candil dari band Seurieus, “Rocker juga manusia punya rasa punya hati. Jangan samakan dengan pisau belati.”  Mengulang-mnegulang sesuatu tanpa perubahan, seakan bukan manusia. Terpogram tanpa adanya sesuatu yang baru atau tetap tidak ada kemajuan. Sama saja mematikan kreativitas.

Kreativitas itu tidak akan pernah mati. Orang-orang yang berpikiran bebas yang menghasilkan ide. Orang yang memiliki ide-ide, walaupun berpeluang  gagal. Bahkan, yang konyolpun ikut keluar. Beranilah mengambil resiko, membalikkan pakem-pakem yang ada, dan buatlah banyak percobaan tanpa takut kesalahan-kesalahan. If you're not having fun you're not doing your job. Bersenang-senanglah maka akan ada sebuah ide hebat.  

Semuanya di atas bukanlah dongeng abad ke-21. Sebuah benar-benar terjadi lewat proses-proses di atas. Salah satunya adalah apa yang dihasilkan oleh dua Kera Oyoborus (bahasa walikan Malang, artinya arek Suroboyo), Mochammad Arfan dan Jagad Hariseno.

Duo IT, Mochammad Arfan dan Jagad Hariseno berhasil menciptakan aplikasi chatting lokal Catfiz mendunia yang dapat digunakan untuk jualan, ngobrol, sampai pembayaran.

Catfiz itu apa tho
Selayaknya kita  berkenalan terlebih dahulu dengan aplikasi Catfiz.  Karena malu bertanya sesat di jalan, banyak nanya keterlaluan. Bwat apa dodolan klo tidak tahu Catfiz.

Untuk menghilangkan rasa bosan dan membangkitkan minat sekaligus rasa ingin tahu. Saya memperkenalkan Catfiz dalam bentuk wawancara fiktif atau imajinasi. Saya ingin mengajak kamu berimajinasi seolah-seolah Catfiz adalah sosok yang bisa diajak bicara. Jika kesulitan banyangkan saja orang yang kamu sayangi, bisa juga seorang Idol yang dikagumi, manusia yang membuat kamu jatuh cinta atau apapun yang membuat senang. Pokoke bayangke wae (Pokoknya bayangkan saja).

Jika Anda sudah siap. Saya akan mulai melakukannya.


Once upon a time. Di angkringan bertemulah penanya dengan Catfiz. Waktu sudah menunjukkan lewat tengah malam.  Setelah wedhang jahe digelar, obrolanpun dimulai.
Penanya :”Sugeng ndhalu (selamat malam) Catfiz.”

Catfiz : “Sugeng ndhalu juga Kang.”

Penanya : “ Kamu itu sebenarnya opo tho ?”

Catfiz : “Catfiz adalah aplikasi instans messenger   yang memfasilitasi penggunanya untuk memajang barang-barang dagangannya, berkomunikasi dengan calon pembeli, hingga melakukan transaksi jual beli, dan pembayaran.”

Penanya : “Jadi, bisa digunakan untuk jual beli. Selain itu manfaatnya apa ?”

Catfiz : “Gini lho Kang. Aku juga seperti BBM dan WhatsApp tetapi lebih kaya fitur. Di Catfiz ada fitur like, timeline, dan page seperti Instagram. Jadi ini merupakan gabungan dari semua media sosial yang sudah ada. Bisa membuat Group Messages untuk saling berbagi konten, mulai dari foto, video, audio, hingga file  apa saja dengan kapasitas simpan sebesar 500 MB . Catfiz mampu menampung 2000 user sekaligus dalam satu grup. Ditambah lagi bisa posting status dan memberi komentar atau like seperti Facebook.

Penanya : “Catfiz itu artinya apa ?”

Catfiz. : ”Catfiz adalah sebuah nama yang berisi harapan dan kesuksesan dari duo IT arek Suroboyo, Mochammad Arfan dan Jagad Hariseno. Catfiz diambil dair kata Catfish (ikan lele). Catfiz diharapkan seperti ikan lele yang dapat dengan mudah dikembangkan/dikembangbiakkan.”

Sopan santun itu perlu
Mimpi Indonesia untuk mendunia seakan terwakili dengan semakin banyaknya penguna Catfiz. sudah diunduh sebanyak  dua juta kali. Tidak hanya di Indonesia, Catfiz telah digunakan di 151 negara dan  sedikitnya 73 negara yang penggunanya sangat aktif memanfaatkan aplikasi, diantaranya adalah Indonesia, Arab Saudi, Oman, India, Kuwait, Amerika Serikat, Venezuela, dan Jordania.

Buah karya anak negeri ini memiliki potensi bisa menyaingi keberadaan instants messenger lainnya. Dari riset materi, desainnya, hingga proses pembuatannya, semua dilakukan anak negeri. Jumlah penggunanya dipastikan akan terus bertambah karena adanya unsur “sopan santun ala Indonesia” yang ditawarkan Catfiz. Berbeda dengan aplikasi WhatsApp, di mana Catfiz mengedepankan adat ketimuran , khususnya di Indonesia. Catfiz menjaga agar  nilai-nilai kebaikan dan  sopan santun khas negeri sendiri hilang begitu saja oleh arus globalisasi. Seperti halnya hilangnya kemampuan anak Jawa untuk berbahasa halus (basa Kromo Inggil) kepada yang dihormati atau hilanga kata "nuwun sewu ndherek langkung" ketika melintas di depan orang. 

Catfiz menjaga adab sopan santun dengan tidak membiarkan seenaknya untuk menambah pertemanan seenaknya. Contohnya WhatsApp, bila orang lain memiliki nomor telepon kamu, maka otomatis kamu akan ditambahkan menjadi temannya tanpa izin. Adanya fitur blok, private message, dan no phone-number required saat registrasi menandakan letak sopan santun itu

Dodolan tanpa hosting dan domain
Kabar gembira bagi para pengusaha yang mendambakan promosi jasa atau produknya di dunia maya. Mayoritas mereka mengggunakan facebook dan online store untuk  menjual produk-produknya. Transaksi perdagangan di facebook sendiri memiliki minimal 2 resiko yaitu masih adanya penipuan dan tingkat kepercayaan pembeli yang rendah jika kamu tidak benar-benar memiliki Online Store sendiri. 

Untuk memiliki toko online sendiri pun perlu pun merogoh kocek untuk membayar jasa pembuatan toko online.  Bisa membuat toko online berbekal tutorial dari mbah Google, kamu   perlu usaha, waktu, dan biaya untuk membeli domain dan hosting. 

Nama domain juga harus dipikirkan dan merupakan suatu pekerjaan yang susah-susah gampang, sebab domain sangat berarti bagi masa depan usaha. Jika ingin mengganti nama domain, tidak bisa dibatalkan, kecuali kamu membeli domain baru. 

Untuk memutuskan mencari nama domain yang  keren, kamu mulai melakukan brainstorming. Berhari-hari, mulai mencari dan mengumpulkan informasi di internet. Sampai tiba-tiba datangnya wangsit di kepala dan muncullah sebuah nama domain. Berlanjut mendaftarkan dan menuliskan nama domain. Jangan kaget jika nama domain yang kita inginkan ternyata sudah dimiliki oleh pihak lain

Selanjutnya memilih hosting (biasanya bundling dengan domain, beli hosting gratis domain), kamu harus hati-hati dalam memilih provider web hosting. Harga murah dan kapasitas simpan mencapai  hitungan Gigabyte bulanlah jaminan, biasanya infrakstuktur server dan jaringan data center itu sendiri diisi dengan banyak situs yang bertraffic tinggi sehingga sering down karena peningkatan beban pada server. Lebih parah, situs kamu sulit diakses dan akibatnya pelanggan beralih ke toko lainnya. Kamu harus memeriksa track record melalui keluhan, review, komentar, dan hal lainnya yang terkait dengan perusahaan hosting di forum-forum.  Sekali salah dalam memilih, harus mengurus tetek bengek bin repot kalau harus pindah, atau paling fatal adalah kehilangan data.



Mudahnya, bayar saja lewat jasa professional pembuatan toko online. Tetek bengek yang lain kan muncul, mau tak mau lagi harus dipusingkan cara penggunaan toko, seperti : bagaimana memposting produk, menyetting side banner, memasang image slider, membuat page, dan lain sebagainya. Sekali lagi, saya katakan harus usaha dalam beberapa waktu sampai tetek bengek tersebut dapat kamu kuasai.


Dalam tulisan ini saya tidak memprovokasi untuk tidak membeli domain/ hosting atau membangun toko online sendiri. Betapa banyak penyedia jasa hosting yang jujur dan mumpuni di luar sana. Betapa banyak pula manfaat yang akan didapatkan dari toko online. Saya hanya ingin menyampaikan bahwa untuk mempromosi alias dodolan (jualan) online, kamu dapat memanfaatkan aplikasi Catfiz.

Jadi, untuk kamu yang sementara tidak minat memiliki toko online atau sudah memiliki toko online dan ingin memperluas jaringan pemasaran, mencoba peruntungan berjualan di dumay (dunia maya); tidak ada salahnya mencoba aplikasi Catfiz. Hanya bermodal kuota internet dan Smartphone. No hosting or no domain. It is possible to make your own business without buying a Domain Name/ a Web Host.

Selain sebagai aplikasi chating, Chat catfiz bisa digunakan untuk berbisnis. Aplikasi ini saya katakan layak untuk berbisnsi karena memiliki beberapa kelebihan :
1.      Memberikan fasilitas lebih privat. Kamu dapat menghapus pertemenn karena bermasalah dengan teman, penipu, melakukan spamming iklan dengan fitur unfriend. Ditambah lagi adanya fitur blok untuk mencegah user lain mengirim pesan ke kamu.
2.      Messenger catfiz dapat menampung 2000 user dalam 1 grup. Dilengkapi streaming video, berbagi jenis file., dan  ruang kapasitas pengiriman video, foto, suara dan file lainnya hingga 500 Mb. Memiliki keunggulan bisa mengunggah data hingga 50 M
3.      Kode identifikasi khusus yakni NIC (Nomor Induk Catfiz). Sperti halnya BBM yang berpin, Catfiz juga berpin, dikenal dengan nama NIC. Jika kamu seorang pelupa, maka dapat mengganti NIC dengan nomor cantik yang mudah dihafal.
4.      Broadcast message (broadcast ke beberapa/seluruh user friend, text atau voice)
5.      Mampu menampung lebih dari 750 juta arus pesan per hari.
6.      Yang terakhir, fitur jual beli antar pengguna.  Fitur ini bisa memfasilitasi penggunanya untuk memajang barang-barang dagangannya, berkomunikasi dengan calon pembeli, hingga melakukan transaksi jual beli. Catfiz akan segera merilis fitur pembayaran dan rekening bersama


Sing penting buatan Indonesia
Mari kita sepatutnya berbangga dengan produk dalam negeri. Terlebih lagi, Catfiz ini adalah hasil kreativitas pemuda Indonesia yang bisa mendunia, berdampingan, bahkan mungkin bisa melampaui Whatsapp. Tentunya dengan dukungan dari segenap rekan-rekan. Caranya cukup mudah, cukup share dan download Messenger catfiz

Akhir kata, saya tirukan ucapan Haji Mahrus Ali, “Cintailah ploduk-ploduk Indonesia.”
Terima kasih.
Share on Google Plus

About Heru Purnomo

Aku hanya seorang biasa. Tapi punya rasa. Dibilang biasa juga gak papa. Yang penting bermanfaat buat semua

0 komentar :

Post a Comment