4 PRODUK LAZADA DAN 1 PRODUK TOKOPEDIA IMPIANKU YANG INGIN KUBELI VIA SHOPBACK

4 PRODUK LAZADA DAN 1 PRODUK TOKOPEDIA IMPIANKU YANG INGIN KUBELI VIA SHOPBACK





A. Susah Cari Kerja

Di masa yang sulit seperti ini, mau buka usaha susah, mau cari uang susah, mau berbuat sesuatu susah, kebentur itu, ke sini mentok ke sana mentok. Begitu pula, mencari kerja susah.

Cari kerja itu kayak royal rumble Smackdown. Yang lemah tersingkir, dan yang kuat akan lanjut. Kita harus berani saling sikut, banting lawan, dan melakukan gerakan pamungkas di akhir laga. Bedanya cuma di pakaian, lo nggak bisa dateng cuma pakai kolor. Selain itu, harus menghadapi berbagai jenis tahapan tes kerja. Tes otak, tes kesehatan, tes psikologi, atau wawancara kerja, biasanya, tes kerja itu disesuaikan dengan profil perusahaan dan posisi yang dilamar (Saputra, 2013).




Seperti masuk ke Dunia Fantasi, sebelum masuk kita harus cari dulu di mana lokasi Dunia Fantasi. Begitu juga dengan dunia kerja, yang pertama kali kita harus lakukan adalah CARI KERJA. Cari kerja memang menjadi momok untuk banyak orang, karena cari kerja itu susah, lama, nggak dapet-dapet, bikin frustasi, maum mati aja, mending balik ke zaman sekolah lagi, orangtua maunya gue kerja di bank-mending cari mertua kaya raya dan berjuta-juta alasan untuk cari kerja sebagai hal yang negatif (Andrian dan Choesin, 2014).

Bagi orang yang sudah bosan ditolak di sana-sini, atau mendapat pekerjaan tapi tidak sesuai keinginan, tidak sedikit yang kemudian memilih berjualan demi memenuhi kebutuhan hidup yang terus bertambah (Ratnaningsih dan Hidayati, 2009).


B. Wirausaha itu Butuh Modal

Salah satu kesulitan terbesar seseorang dalam membuka dan menjalakan bisnis sebetulnya sederhana. Apa itu ? Coba tebak. Betul : modal. Dari pengalaman selama ini, seringkali memulai sebuah bisnis, terutama pada saat-saat sebelum bisnis itu mulai dibuka dan dijalankan, adalah saat-saat yang tersulit kita butuh modal.

Sejumlah bank memiliki kredit khusus yang diberi nama kredit usaha atau kredit modal kerja. Namun, untuk memperoleh kredit usaha, memang susah-susah gampang. Susah karena prosedurnya cukup ketat. Maklum, bank ingin uang mereka aman dan terus diputar. Tak heran banyak persyaratan dan dokumen yang harus dilengkapi. Mulai dari dokumen pribadi hingga surat proposal usaha, dokuemn jaminan, legalitas usaha, dan perizinan serta surat keterangan pembayaran pajak (SPT Tahunan) (Lestari, 2009).



Walaupun dalam bisnis modal bukan satu-satunya faktor yang menentukan untuk memulai usaha, modal diperlukan untuk membiayai kegiatan produksi, pemasaran, atau pengelolaan usaha untuk menghasilkan keuntungan. Dalam bisnis, modal dibagi menjadi dua, yaitu modal kerja dan investasi.
  1. Modal kerja merupakan bagian dana yang disiapkan untuk membiayai operasional usaha, seperti membeli bahan baku dan untuk biaya pemasaran.
  2. Investasi merupakan bagian dana usaha untuk pembelian peralatan usaha, seperti sewa kantor dan pembelian peralatan usaha.
(Sudjatmoko, 2009).

Masalah permodalan adalah problem klasik bagi yang ingin memulai sebuah usaha. Tanpa modal cukup, bagaimana kita memulai bisnis ?


C. Solusi Cari Modal

Alasan utama orang membuka usaha adalah faktor ekonomi. Kalau misalnya ada yang berbisnis dengan dimulai dari hobi, jumlahnya jauh lebih sedikit karena faktor ekonomi ini. Karena terdesak kebutuhan ekonomi, sebagian orang memilih untuk menjadi pekerja, dan sebagian lagi memilih untuk berbisnis. Resiko menjadi pekerja memang mudah. Bekerja sesuai dengan tugas yang diberikan kepadanya, lalu setiap bulan mendapat gaji. Namun, untuk melamar pekerjaan kadang tidak mudah. Kendati sudah melamar ke beberapa perusahaan, ternyata hasilnya selalu ditolak. Bahkan terkadang, seseorang mentok untuk mendapatkan kerja kantoran karena masalah ijazah. Jika hanya memiliki ijazah SD atau SMP, ia harus puas bekerja sebagai cleaning service, buruh bangunan, atau bahkan menjadi pembantu rumah tangga (Ratnaningsih dan Hidayati, 2009).

Seseorang yang memilih opsi menjalankan usaha, tentunya membutuhkan modal (dana) sebagai pondasi bisnis yang akan dibangun. Besarnya modal tergantung dari bisnis yang akan dijalankan. Dibutuhkan solusi untuk mendapatkan suntikan dana segar demi bisnis yang akan dirintis (Ihsan, 2010).


Namun, modal (dana )memang diperlukan, namun bukan diurutan pertama. Yang pertama dan lebih utam dari modal yang diperlukan adalah modal “ILMU dan KEMAMPUAN'. Tanpa ilmu dan kemampuan, maka tidak ada yang namanya usaha. Jadi, ilmu dan kemampuan perlu ditingkatkan untuk mendirikan usaha sendiri. Mengajak teman lain mempunayi dana. Jadi, kerjasama merupakan solusi agar suatu usaha dapat teruwujud. Ada jalan lain juga unutk mendapatkan modal dana. Yaitu dengan mengikuti lomba-lomba (Atmaja, 2010). Lomba-Lomba tersebut paling mudah ditemukan melalui internet. Berbagai perusahaan dan institusi pendidikan menyelenggarakan lomba; mulai dari lomba logo, lomba tulis, lomba desain arsitektur, lomba SEO, lomba cerpen, lomba esai, lomba review produk, lomba membuat lagu dan lainnya.

Selain mengikuti lomba; untuk memperoleh uang dapat dilakukan dengan mengikuti survei (Paid to Survey), menulis artikel (Paid to Review, Google Ads, Affiliate Programme), bermain games, atau bahkan menyalurkan hobi yang disukai misalnya fotografi kemudian dijual di situs-situs tertentu.


D. Produk yang Menjembatani

Seperti yang dikatakan sebelumnya modal itu terbagi menjadi 2 yaitu modal kerja dan modal usaha. Penulis saat ini hanya memiliki 1 laptop bekas Compaq Presario V 3700 dan USB Wifi Adapter NetSys 98DBI dimana saya membeli langsung dari Lazada, dan “bantuan gratis” akses wifi tetangga sebagai modal kerja. Penulis menggunakannya untuk mengikuti berbagai lomba yang ada di internet demi mencari modal usaha. Namun ada kendala modal kerja yang digunakan untuk mengikuti lomba. Penulis perlu beberapa modal kerja lainnya. Di antaranya :
Seperti yang dikatakan sebelumnya modal itu terbagi menjadi 2 yaitu modal kerja dan modal usaha. Penulis saat ini hanya memiliki 1 laptop bekas Compaq Presario V 3700 dan USB Wifi Adapter NetSys 98DBI dimana saya membeli langsung dari Lazada, dan “bantuan gratis” akses wifi tetangga sebagai modal kerja. Penulis menggunakannya untuk mengikuti berbagai lomba yang ada di internet demi mencari modal usaha. Namun ada kendala modal kerja yang digunakan untuk mengikuti lomba. Penulis perlu beberapa modal kerja lainnya. Di antaranya :
    1. Kamera Olympus X-42 Black Lazada
    Menekuni hobi fotografi atau memotret memiliki peluang khusus di internet. Di mana foto-foto tersebut dapat diubah menjadi uang. Banyak sekali situs di internet yang bersedia membeli foto-foto hasil karya kita, dengan catatan kalau foto-foto tersebut sesuai dengan keinginan mereka atau memenuhi kualifikasi yang telah mereka tetapkan.
    Selain menjual foto secara langsung, bisa juga dengan memajang foto-foto di situs-situs yang dipilih, untuk kemudian akan di-download oleh para pengunjung situs tersebut. Semakin banyak foto yang di-download semakin besar bayaran yang diperoleh. Program semacam ini disebut Paid to Take Picture.

    Dengan menggunakan kamera digital Olympus X-42 Black, foto-foto hasil jepretan dapat diubah menjadi uang.

    2. USB 2.0 Extender over CAT 5e/6 Lazada
    Penyebab utama tidak terdeteksi perangkat USB Wifi Adapter adalah karena transfer data berupa jaringan dari laptop ke USB Wifi Adapter atau tidak full dalam pengertian lain arus dari laptop ke modem terputus.
    Perangkat USB Wifi Adapter juga membutuhkan arus listrik, jadi dengan menggunakan Kabel USB Extender berkemungkinan arusnya akan semakin kecil tergantung panjang kabel Extender yang digunakan, semakin panjang kabel semakin kecil arus ke ujung. Singkatnya, semakin panjang Kabel USB maka akan semakin banyak arus yang hilang/loss.
    Hal lain yang menyebabkan Perangkat USB Wifi Adapter selalu disconect saat menggunakan Kabel USB Extender adalah jenis serta kualitas dari Kabel USB Extender tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan alat USB 2.0 Extender over CAT 5e/6. Alat ini lebih bak daripda USB extender, mampu menghubungkan pernagkat USB dengan panjang maksimal 100 meter dan mencegah hilangnya arus karena dilengkapi dengan adaptor sebagai penyalur tegangan listrik ke perangkat USB Wifi Adapter.

    USB 2.0 Extender over CAT 5e/6 menghubungkan perangkat USB Wifi Adapter ke Laptop melalui kabel UTP CAT 5e/6, kabel jenis ini membuat bandwith semakin baik dan output yang diberikan akan semakin besar. Akibatnya maka semakin tinggi sinyal yang disampaikan oleh kabel dan pengguna bisa lebih nyaman karena sinyal akan jauh lebih stabil.

    3. Tenda Access Point to Point Lazada
    Meskipun saat ini penulis mendapatkan akses wifi “gratis”, tetapi demi keberkahan penghasilan yang diperoleh maka dibutuhkan akses wifi yang benar-benar gratis.
    Ada beberapa free wifi hotspot di tempat penulis, tetapi tidak bisa “ditembak menggunakan USB Wifi Adapter NetSys 98dbi. Mungkin karena alasan tidak compatible makan tidak bisa terkoneksi dengan akses free wifi hotspot tersebut. Perlu perangkat yang lebih layak dan compatible. Access point outdoor contohnya.

    Sebenarnya, penulis sudah memiliki alat access point outdoor TP Link TL-WA7210N , tapi kurang jeli dan teliti saat membeli (terkena penipuan) maka alat ini tidak bisa dipakai (sudah rusak /rekondisi), maka dibutuhkan Tenda Access Point to Point OutDoor.

    4. Smartphone Evercoss Winner Y Smart Lazada
    Setiap perlombaan yang diinformasilan via internet memberikan beberapa syarat untuk mengikuti lomba seperti mencoba aplikasi, menginstal aplikasi, main games, follow instagram, posting via instagram. Inilah sebabnya betapa pentingnya memiliki smartphone.


    5. Baterai HP Compaq Presario V3700 Tokopedia
    Alasannya cukup simple yaitu baterai laptop sebagai modal kerja yang dimiliki sudah drop. Kadang menyebabkan mati atau restart sendiri, sangat dibutuhkan baterai laptop baru untuk menunjang kinerja.

E. Menyesal Membeli USB Wifi Adapter NetSys 98DBI via Lazada

Telitilah sebelum membeli merupakan hal yang bijaksana jika pepatah ini diterapkan benar-benar oleh para calon pembeli. Nasehat luhur para orangtua yang perlu diresapi maknanya sebelum apa pun juga.

Teliti sebelum membeli berarti sebagai konsumen hendaklah memperoleh semua informasi tentang barang yang akan dibeli, termasuk cashback.

Hal ini terjadi pada penulis, penulis kurang teliti saat membeli USB Wifi Adapter NetSys 98dbi via Lazada. Padahal ada chasback jika berbelanja online Lazada melalui ShopBack.



Shopback sendiri merupakan situs pemberi cashback jika anda berbelanja di lazada lewat situs Shopback. Situs ini memberikan kemudahan dalam mencari dan mendapatkan penawaran dan diskon menarik dari sekitar 146 toko (lihat daftar toko Shopback).

Shopbaack akan mengmbailkan seabgain uang yang dibayar dalam bentuk Chasback. Dengan demikian kita bisa berhemat dengan mendapatkan uang setiap kali belanja online via ShopBack.

Terdapat perbedaan nilai cashback untuk setiap jenia barang. Juga dibedakan untuk customer lama dan baru (baru registrasi). Jika jenis barang otomotif untuk customer lama mendapatkan cashback 0,50% sedangkan customer baru dua kali lipatnya; barang elektronik untuk customer baru memperoleh cashback sebesar 4,00% sedangkan customer lama lebih sedikit yaitu 1,50%. Selebihnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini :



Selain itu, setiap harinya kan diupdate informasi Kode Promo, Kupon, dan Diskon Belanja Online untuk masing-masing merchant (lihat daftar tokoShopBack).



Bagaimana caranya untuk mendapatkan cashback via ShopBack ??

Mudah sekali. Ikutlah dan simak secara seksama cara berikut :
  1. Kemudian lakukan pendaftaran (klik daftar di menu pojok kanan atas), muncullah pop up registrasi. Silahkan  daftar dengan menggunakan akun facebook atau email.

  2. Berbelanja lazada via shopback cukup mengklik gambar toko lazada.

  3. Akan muncul pop up informasi level chasbask, lanjut dengan mengklik/ pilih tombol beli sekarang

  4. Bersabar sedikit karena akan diarahkan ke situs lazada.
  5. Mulailah berbelanja dan beli barang kesayangan Anda.

  6. Cashback akan masuk otomatis di akun ShopBack kamu dalam waktu 48 jam dan Kamu dapat meminta pembayaran setelah mengumpulkan Cashback yang bisa diklaim minimum Rp 50.000
  7. Untuk berbelanja di merchant selain Lazada, caranya sama seperi di atas. Silahkan pilih merchant/toko online yang ingin dikunjungi.

Oh ya, lupa. Jika ingin mendapatkan uang dari ShopBack, ajaklah temanmu untuk belanja melalui ShopBack. Buatlah promosi semenarik mungkin, misal kemudahan dan kelebihan belanja di ShopBack. Sebelumya harus registrasi dulu sebelu menyebarkan link affiliate. Link ini dapat dimodifikasi sesuai situs penjual populer yang ingin kamu sebarkan .



Gunakan link tersebut sebagai penghubung dari blog kamu atau media sosial untuk mempromosikan ShopBack. Bisa juag buat artikel menarik di blog kamu.

Selamat berbelanja hemat via ShopBack. Kunjungi situsnya di sini.

Sekali jangan lupa belanja online via ShopBack dijamin hemat dan untung. Untuk mengingatkan cara kerjanya lihat gambar di bawah iniatau langsung kunjungi situs cara kerja/daftar ShopBack di sini


Jika teman-teman belum paham. silahkan lihat video berikut :








SUMBER PUSTAKA

Andrian, D. dan A. Choesin. 2014. Dumb Wyas to Survive. Lintas Kata. Jakarta.

Atmaja, A. C. 2010. Tajir Selagi Muda : Peluang Bisnis Pelajar dan Mahasiswa Modal 0-5 Juta. Indonesia Cerdas. Yogyakarta.

Ihsan, A. 2010. Usaha Camilan Modal < 1 Juta Balik Modal 1 Bulan. Pustaka Grhatama. Yogyakarta.

Lestari, I. 2009. Untung Berlipat Modal 1 Juta. Peluang Bisnis di Masa Krisis. Indonesia Cerdas. Yogyakarta.

Ratnaningsih, I. dan N. Hidayati. 2009. 99 Bisnis Modal < Rp 10 Juta. Penebar Plus. Jakarta.

Saputra, R. 2013. Luntang-Lantung. Bukune. Jakarta.

Sudjatmoko, A. 2009. Panduan Lengkap Wirausaha : Cara Cerdas menjadi Pengusaha Hebat. VisiMedia. Jakarta.






Share on Google Plus

About Heru Purnomo

Aku hanya seorang biasa. Tapi punya rasa. Dibilang biasa juga gak papa. Yang penting bermanfaat buat semua

0 komentar :

Post a Comment