Aku Punya Solusi Buat Kamu Jakartaku




Kemacetan banyak terjadi di kota-kota besar, terutamanya yang tidak mempunyai transportasi publik yang baik atau memadai ataupun juga tidak seimbangnya kebutuhan jalan dengan kepadatan penduduk, misalnya Jakarta (Wikipedia, 2015).
Kemacetan ini harus dicari solusinya . Apa saja solusi kemacetan ini.

1.      Perketat Kepemilikan SIM
Strategi yang utama yaitu dengan :
a.       Menerapkan aturan ujian SIM yang ketat.
Orang tidak boleh sembarangan dan sangat sulit mendapatkan SIM. Hali ini telah diterapkan di Jepang dan Califaronia. Karena sulitnya ujian tersebut, tak heran banyak orang Jepang, atau California yang harus mengulanginya kembali, bukan hanya sekali dua kali tapi bisa sampai 10 kali untuk bisa lulus dalam ujian membuat SIM.
b.      Mahalnya Biaya Membuat SIM.
Siapa coba yang mau mengulangi ujian membuat SIM sampai berkali-kali kalau biayanya sangat mahal (Ikrar, 2015)



2.      Perbaikan Jalan dan Ketegasan Pelanggaran Lalu Lintas

 
Dalam menyelesaikan masalah kemacetan pemerintah juga perlu memperhatikan cara-cara lain yang lebih tepat sasaran. Pemerintah dapat mengunakan cara dengan melakukan pendekatan pelayanan sosial berupa fasilitas pelayanan umum, perbaikan sarana jalan yang ada dan ketegasan atas pelanggaran lalu lintas. Jika hujan turun diikuti dengan banjir, kondisi kemacetan akan semakin parah ditambah matinya lampu lalu lintas , jalan raya macet total, mengunci semua kendaraan sehingga tidak dapat bergerak (Wisanggeni, 2012).

3.     Hari Kendaraan
Hari Kendaraan adalah hari dimana hanya kendaraan tertentu yang bisa melintas di jalan raya. Ada beberapa pilihan  yang bisa digunakan :
a.       Hari sepeda motor
Adalah hari tertentu hanya khusus sepeda motor melintas di jalanan Jakarta.
b.      Hari sepeda
Adalah  tertentu khusus sepeda saja yang melintas di jalanan Jakarta.
c.       Hari mobil
Adalah hari tertentu hanya khusus mobil melintas di jalanan Jakarta.

4.      Area/ Jalan Khusus


Dengan menggunakan data kemacetan (jumlah kendaran, titik macet, hari rawan macet, jenis dan jumlah kendaraan yang lewat di tiap jalan, dan lainya), maka Kepolisian dapat menerapkan jam atau waktu tertentu untuk mengkhususkan suatu jalan hanya untuk jenis kendaraan tertentu. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kemaceatan dan membagi setiap jalan berdasarkan jumlah kendaraan, ukuran kendaraan, dan waktu  rawan  macet.


*Sumber*
Share on Google Plus

About Heru Purnomo

Aku hanya seorang biasa. Tapi punya rasa. Dibilang biasa juga gak papa. Yang penting bermanfaat buat semua

0 komentar :

Post a Comment