Leatherboard 2

AKU HANYA SUKSES MEMPROMOSIKAN JASA

Blogger.com merupakan salah satu penyedia   layanan blog gratis pertama yang membuat blog menjadi begitu populer. Sampai saat ini pun Blogger.com/Blogspot tetap  menjadi sebuah situs penyedia layanan blog yang paling banyak diminati selain alasan gratis-nya. Blogspot mempunyai kelebihan dalam hal kebebasan penambahan elemen baru dan fasilitas drag and drop yang   memudahkan dalam pengelolaan.  Blogger memiliki fitur mobile friendly. Fitur tersebut membuat blogger dapat diakses dari gadget apapun, tidak harus menggunakan PC/Laptop, tetapi cukup menggunakan smartphone, tablet, dll.

 Gambar 1. Toko Cosplay dengan  menggunakan Blogger. Live Demo

Kelebihan lain dari blogger adalah setiap blog yang dibuat di blogger.com sangat disukai oleh mesin pencari  seperti Google dan Yahoo, jadi tidak perlu repot-repot lagi untuk memahami teknik-teknik SEO yang rumit supayablog Anda dapat di-index oleh mesin pencari tersebut. Jika Anda membuat blog dalam blogger.com, maka Anda akan mendapatkan sebuah nama blog dalam situs ini dengan alamat http ://namablog.blogspot.com. Agar terlihat lebiah professional para blogger biasanya membelim top domain seperti : .com. net atau. Org dan menambahkannnay sevagai Url ke-3 di blogger atau lebih dikenal dengan customisasi domain ke blogger.  Dan inilah yang menghilami saya untuk membuka jasa pembuatan toko blog atau Blogger Store.

 Gambar 2. Toko Muslim. Live Demo

Awalan perkenalan dengan blogger store adalah sekitar 1,5 tahun yang lalu. Sebeanrnya minat awal saya adalah CMS Prestahop, karena sangat ingin coba-coba membuat toko online. Presatahop yang sangat gunakan adalah versi 1.5. Selesai belajar Prestashop, saya beralih ke Magento, dan selanjutnya pindah lagi ke wordpress. Ketiganya membutuhkan tempat untuk menyinpan data ke sebuah server atau disebut hosting.  Bloggger Store ini saya gunakan karena tidak perlu hosting berbayar hanya sebuah domain. Inilah pilihan yang murah meriah dalam mempromosikan bisnis UKM. 

 Gambar 3. Skate Shop. Live Demo

Saya membuka jasa pembuatan toko online berbekal voucher domain promo dari qwords tahun 2015. Saya mengunakan domain bikintokoonlinemurah.net. Saya bersyukur dengan menggunakan domain ini sedikit demi sedikit pelanggan mulai berminat, seperti : inssoogallery.com. , omahpandan.com. geraihambra.com, geraimuslimjogja, tokoyaakhi.com, dan tokoabi.com.

Kemudian saya tambahkan beberapa jasa pembuatan toko online selain dengan menggunakan blogger seperti : WOOCOMMERCE, MAGENTO, PRESTASHOP.

Meskipun satu tahun ini hanya beberapa  pelanggan saja yang benar-benar membuka toko dengan blogger store. Namun usaha ini, akan tetap saya lanjutkan.  Selama setahun ini saya menganalisa bahwa ada kelemahan blogger jika digunakan untuk toko online yaitu tidak mudahnya dalam memasukan produk bagi orang awam karena yang berbasis script HTML dan yang kedua adalah hitung ongkos kirim yang manual dengan menggunakan widget ongkir. Kedua kelemahan inilah yang mulai Bulan September ini saya pikirkan dan saya pecahkan. Bagaimana membuat Android apps  yang bisa diintegrasikan dengan blogger untuk posting sebuah produk.  Orang dengan mudah memasukan produk dengan mencapture langsung gambar dengan Smartphone menuliskan deskripsi lewat Android apps . Saya membayangkan seperti gambar ini :

Gambar 4. Aplikasi masa depan

Saya juga mulai memikirkan membuat template blogger store sehingga dengan karya saya sendiri yang orisinil orang lebih respect dan mengenal usaha ini.

Gambar 5.  Hip Hop Shop. Live Demo

Pengalaman adalah the best teacher int the world. Sukses tidak datang sendirinya. Dengan kata lain, sukses tidak alamiah ! Perlu berusaha sangat keras, berjuang, melakukan sesuatu dengan cara berbeda, mencoba lebih keras, dan lain-lain. Tetapi kegagalaan itu alamiah. Untuk gagal sangat mudah.  Prinsip kehidupan di muka bumi ini tidak ada yang gratis. Ada harga yang harus dibayar jika ingin menjadi pemenang. Salah satu harga yang harus dibayar adalah daya upaya Anda.

Terima Kasih.





Share on Google Plus

About Unknown

Aku hanya seorang biasa. Tapi punya rasa. Dibilang biasa juga gak papa. Yang penting bermanfaat buat semua

0 komentar :

Post a Comment