SEMUDAH MEMBALIKAN TANGAN, BELANJA ONLINE VIA SMS BANKING BTN

SEMUDAH MEMBALIKAN TANGAN, BELANJA ONLINE VIA SMS BANKING BTN

BELANJA ONLINE
Internet memang luar biasa, beragam hal dapat Anda lakukan dengan mudah melalui internet, termasuk berbelanja secara online. Dengan internet Anda dapat berkunjung dari toko online satu ke toko online lainnya dengan cepat tanpa harus beranjak dari kursi komputer Anda (Widiyanto dan Asmad Community, 2010). Sebut saja membeli pulsa, belanja alat sablon, memborong buku, memesan kado, hingga melakukan kegiatan seperti membayar kartu kredit, tagihan listrik, dan telepon, semua bisa dilakukan lewat jaringan internet (Nugroho, 2010).

Bagi konsumen, penggunaan toko online akan membuat waktu belanja menjadi lebih singkat. Konsumen tidak perlu lagi capek-capek keliling ke berbagai pertokoan untuk mendapatkan barang yang diinginkan, dan pada toko online biasanya harga yang ditawarkan akan lebih murah dibanding yang dijual di toko biasanya karena biaya distribusi dari pihak produsen ke konsumen akan lebih pendek (Utomo, 2009).




Latar Belakang maraknya belanja online muncul dari pola belanja dari sebagian besar manusia yang pada umumnya maunya 3M (Mudah, Murah, dan Menguntungkan). Selamat bila Anda termasuk orang yang sukanya yang Mudah, Murah, Menguntungkan. Pilihan untuk berbelanja melalui dunia maya ini dapat menjadi pilihan smart dan menarik untuk dicoba (Halim, 2010).

Toko di dunia maya lebih mirip katalog di dunia nyata, namun ditambahi dengan fasilitas keranjang belanja dan penjaga kassa. Toko di dunia maya juga tidak mengenal waktu dan tempat. Selama jaringan internet tersedia, siapa saja bisa berbelanja di toko online (Imansyah, 2010).

Proses jual beli di toko online biasanya konsumen memesan barang yang akan dibeli di situs toko online, kemudian melakukan pembayaran dengan cara transfer ke rekening menggunakan kartu kredit, paypal, e-banking, atau cara lainnya, dengan nominal yang tertera di harga barang (biasanya ditambah biaya kirim barang). Selanjutnya setelah konfirmasi pembayaran dan transfer sudah masuk ke rekening maka barang segera dikirm ke alamat pembeli melalui pos atau pengiriman lain. Adapun untuk produk seperti e-book, game, software, aplikasi, dan sebagainya, biasanya setelah mentransfer biaya, pembeli akan diberikan akses untuk mendownload produk tersebut (Priyatno, 2012).


KEUNTUNGAN BELANJA ONLINE
Belanja online telah menjadi metode belanja populer pada era zaman modern ini. Ada banyak orang yang mencari alternatif lain untuk belanja ketika mereka sibuk dan memiliki banyak aktifitas. Ada banyak keuntungan dari belanja online ini alasan mengapa toko online adalah bisnis yang booming saat ini. Belanja online bisa untuk membeli berbagai produk misalnya : pakaian, gadget, sepatu, pulsa via internet banking, peralatan, kebutuhan sehari-hari atau bahkan bahan makanan (Taufiqurrohman, 2015). Beberapa keuntungan yang dapat kita peroleh dari belanja online adalah sebagai berikut :
  1. Hemat waktu : sebagai pembeli, umumnya mereka adalah pembeli yang tidak punya cukup waktu untuk mendatangi toko, tidak mau repot menghadapi kemacetan lalu lintas, dan pembeli yang menginginkan kepraktisan, menemukan produk hanya dengan klak-klik tombol mouse (Susrini, 2010). Mudah dan menghemat waktu bukan ?
  2. Menghemat Bahan Bakar : beli secara online juga dapat menghemat biaya transportasi karena tak perlu mengeluarkan uang bensin atau membayar taksi (Taufiqurrohman, 2015).
  3. Simpan Energi : perang harga di dunia online mungkin lebih seru dibanding di medan offline. Calon pembeli bisa melacak harga termurah untuk suatu barang dengan mengunjungi situs seperti PriceScan.com atau Price.com. Ketikkanlah kata kunci, misalnya “Harry Potter”, dan Anda akan melihat deretan toko buku online yang menjual barang tersebut lengkap dengan harga yang ditawarkan. Bahkan, sekarang sudah dilengkapi perbandingan tarif dan lama waktu pengiriman segala ! Bandingkan jika berada di medan offline. Anda pelru masuk ke satu toko buku dan beranjak ke toko lainnya sampai menemukan harga yang terendah. Cara ini lebih menguras energi dibanding cara online yang tidak memerlukan gerak kaki sekalipun (Agung, 2004).
  4. Perbandingan harga : kehadiran toko online memang memberikan manfaat, baik bagi penjual maupun pembeli. Keuntungan bagi penjual, mereka tidak memerlukan bangunan fisik, pangsa pasar bisa lebih luas, dan harga bisa bersaing. Sedangkan dari sisi pembeli,mereka akan lebih mudah dalam pencarian barang, bisa memilih harga yang lebih murah, dan barang bisa langsung diterima (Juju dan MataMaya Studio, 2010).

SMS BANKING BTN
Kehadiran toko online memang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja. Tanpa capek, hemat waktu dan bensin, bisa sortir harga, dan sebagainya. Kemudahan dan kenyamanan berbelanja online akan lebih terasa apabila Anda melakukan cara pembayaran yang tepat. Bank BTN menghadirkan kemudahan dalam pembayaran belanja online. Pembeli cukup duduk di rumah, sambil jalan, jogging, ketika akan berangkat kantor, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya sambil berbelanja langsung check out untuk melakukan pembayaran melalui SMS BANKING.

Lalu apa sih manfaat dan pengertian dari SMS Banking ini, yuk cari tahu bersama.

SMS Banking adalah fasilitas layanan perbankan yang memudahkan nasabah untuk melakukan isi ulang pulsa , transfer hingga melakukan pembayaran kartu kredit melalui telepon seluler dengan teknologi SMS. Jenis transaksi yang dapat dilakukan adalah transaksi finasial dan transaksi non finansial melalui ponsel nasabah dengan provider jaringan GSM dan CDMA ke nomor xxxx. USer ID SMS bnking adalah nomor ponsel pribadi yang didaftarkan nasabah pada saat melakukan registrasi SMS Banking di ATM. Personal Identification Number (PIN) dibuat sendiri oleh nasabah pada saat melakukan registrasi dan aktivasi di ATM (Kusumastuti, 2009).



SMS Banking pada dasarnya evolusi lebih lanjut dari Phone Banking, yang memungkinkan nasabah untuk bertransaksi via handphone dengan perintah sms. Fitur dari SMS Banking ini meliputi transaksi yang dapat dilakukan yaitu informasi saldo rekening, pemindahbukuan antar rekening, pembayaran kartu kredit, listrik, dan telepon, dan pembelian voucher.Untuk transaksi lainnya pada dasarnya dapat pula dilakukan, namun tergantung pada akses yang dapat diberikan bank. Saluran ini sebenarnya termasuk praktis namun dalam prakteknya agak merepotkan karena nasabah harus menghapal kode-kode transaksi dalam pengetikan sms, kecuali pada bank yang melakukan kerjasama dengan operator seluler, menyediakan akses banking menu Sim Tool Kit (STK) pada simcardnya (Muttaqin, 2014).

Cara penggunaan fasilitas perbankan ini pun cukup mudah. Nasabah cukup memencet tombol telepon seluler dengan fasilitas sms, semua transaksi seperti transaksi transfer dana antar rekening, informasi saldo terakhir, perincian transaksi terakhir, pembayaran tagihan bulanan, penempatan deposito berjangka, isi ulang pulsa ponsel, informasi kurs dan suku bunga, serta produk lainnya akan terlayani dengan praktis. Bank yang memiliki layanan mobile ini melakukan kerja sama dengan operator seluler yang ada baik GSM maupun CDMA yang ada. Pembagian kerjanya, bank mengurusi pendaftaran dan pengamanan di sistem transaksi, sedangkan operator menagani traffic sms antara nasabah dan bank (Ginting, 2010).

Dengan adanya SMS Banking, maka akan memberikan kemudahan kepada nasabah karena dapat digunakan kapan saja dan dimana saja hanya dengan menggunakan perintah melalui alat komunikasi yang digunakan tanpa harus datang ke kantor bank atau ke ATM (Siregar, 2010).
Layanan SMS Banking ini memiliki beberapa pilihan cara pengaksesan yang bisa disesuaikan dengan kemampuan ponsel dan kartu SIM yang digunakan, diantaranya :
  1. Lewat SMS biasa (ketik SMS) transaksi dilakukan lewat pesan SMS dengankode tertentu ke nomor khusus yang sudah disediakan.
  2. Lewat menu SIM Toolkit
    Menu SIM Toolkit yakni menu yang biasanya terdapat pada kartu SIM, misalnya : Satelindo@ccess, M3Access, Life in hand (ProXL), dan Navigator64 (Telkomsel).
  3. Lewat aplikasi Java
    Namun terlebih dulu diharuskan menginstal aplikasinya yang disediakan secara gratis. Pengiriman transaksi ini juga dilakukan lewat SMS, hanya saja tidak lagi harus mengirimkan kode-kode tertentu atau singkatnya disederhanakan lewat aplikasi Java. Untuk menikmati layanan ini diharuskan memiliki ponsel yang mendukung Java.
(Ginting, 2010).

Pemilik rekening dapat melakukan pendaftaran atau registrasi melalui jaringan mesin ATM atau mendaftarkan melalui customer service di cabang bank di mana rekening induk dibuka. Pendaftaran ini diperlukan untuk memperoleh access code dalam bentuk PIN (Personal Identification Number) yang merupakan kode rahasia untuk melakukan sejumlah transaksi. Jika nasabah mendaftarkan melalui counter bank, mak PIN yang diberikan sesuai dengan PIN standar yang berlaku di bank, jika nasabah mendaftarkan melalui kartu ATM, maka access code adalah nomor/angka yang ditentukan sendiri oleh nasabah. Fitur layanan SMS banking yang dapat dilakukan
dapat dilakukan melalui layanan ini, antara lain :
  1. Informasi saldo
  2. Informasi transaksi terakhir
  3. Informasi berbagai macam tagihan, seperti kartu kredit, telepon rumah, ponsel pasca bayar, dan lain sebagainya
  4. Transfer antar rekening
  5. Pembayaran tagihan kartu kredit, telepon rumah, ponsel pasca bayar dan lain sebagainya
  6. Isi ulang pulsa
  7. Penggantian PIN SMS banking
(Suberdini, 2013).

KELEBIHAN SMS BANKING
Sama seperti layanan bank lain, pada dasarnya, SMS banking juga memiliki sejumlah keunggulan . Apa pun kegiatan belanja onlien Anda secara mudah seperti membalikkan telapak tangan. Apa sajakah keunggulan dan kekurangan yang dimaksud? Berikut ini adalah penjabarannya.
  1. Dengan menggunakan sms banking, nasabah bisa bertransaksi keuangan dengan mudah dan praktis di mana pun ia berada (Abadi, 2016)..
  1. Jika dilihat dari sisi keamanan, transaksi keuangan menggunakan sms banking lebih terjaga karena data-data bisa dengan mudah dihapus, selain itu transaksi ini bebas gangguan eksternal seperti mati listrik dan koneksi internet.
    (Abadi, 2016).
  2. Bisa diakses di mana saja dan pakai handphone apa saja asal ada sinyal dan menggunakan kartu yang nomornya sudah didaftarkan. Selain itu, transfer atau kirim uang bisa langsung sampai (real time) meskipun tujuannya ke lain bank (Waluyo, 2016).
SATU UNTUK SEMUANYA
Sebenarnya masih banyak layanan selain SMS Banking yang dberikan oleh Bank BTN seperti Mobile Banking, Internet Banking, ATM . Semua kemudahan tersebut terangkum dalam BTN Digital Solution. Semua cara pembayaran dapat diakses dalam satu aplikasi smartphone ini.

Dalam aplikasi BTN Digital Solution, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas, asal Anda memiliki smartphone.



Apa saja fitur-fitur dalam aplikasi BTN Digital Solution :
  1. BTN Properti
    Solusi bagi keluarga untuk memiliki rumah impian. Bekerjasama dengan developer-developer di seluruh Indonesia, BTN berusaha membantu memberikan informasi tentang properti/ rumah terbaru dan paling dicari. Juga menyajikan proses pemesanan prorerti secara mudah.
    Bagi Anda yang sedang berencana membeli rumah dengan mengunakan kpr lewat bank tidak perlu repot harus bolak balik ke bank. Terutama bagi mereka yang sibuk atau tidak sempat karena waktu yang dimiliki terbatas. Sekarang lewat Bank BTN melalui BTN Properti untuk mengajukan KPR sangatlah mudah dan efisien. Sebelum mengajukan KPR secara online di BTN Properti lengkapi dulu dokumen atau berkas yang diperlukan untuk mengisi formulir dengan menscannya terlebih dahulu agar mudah untuk diupload dalam mengisi formulir secara online (Anonim, 2016).
  2. Pembukaan rekening secara online
    Dengan cara online, kita bisa mengisi data untuk pembukaan rekening baru, lalu akan menerima konfirmasi, dan kita tinggal ke Customer Service BTN terdekat untuk memperoleh buku tabungan dan ATM.
    Tanpa khawatir menghabiskan banyak waktu untuk menuju Bank BTN, kemudian parkir, dan mengisi data-data pada formulir yang cukup merepotkan.
  3. Pembuatan kartu suka – suka
    Anda bisa menambahkan foto diri Anda atau keluarga pada kartu debit nasabah. Ini akan menjadikan Kartu ATM BTN menjadi unik karena adanya foto favorit Nasabah di kartu ATM. .
  4. E-Commerce
    BTN melakukan kerjasama dengan berbagai marketplace di Indonesia seperti Tokopedia.com, Bukalapak.com, Lazada.co.id, Bhinneka.com, dan lainnya. Anda tidak perlu repot-repot membuka browser untuk mencari barang kesayangan, cukup dengan fitur E-Commerce Anda dapat memilih beberapa situs jual beli sekaligus mendapat informasi tentang diskon, promo, dan cash back.
  5. E-Banking
    Sebagaimana diketahui, BTN mengajak kerjasama GO-JEK dengan layanan e-banking. Dengan kerjasama ini masyarakat yang menjadi nasabah Bank BTN dapat menikmati fasilitas Go-Pay dengan melakukan top up di e-banking BTN. Dengan kerja sama layanan GO-PAY ini nanti masyarakat sebagai nasabah BTN tidak perlu membayar secara cash. Go-Pay yang sudah terkoneksi dengan layanan e-banking BTN secara otomatis akan mencatat transaksi tersebut. Cukup dengan top up Go-Pay di e-banking BTN, maka masyarakat nasabah BTN sudah dapat memanfaatkan layanan Go-Jek (Siregar, 2016).



    Layanan E-Banking ini meliputi SMS Banking, Internet Banking, dan Mobile Banking.
    Deengan mengunnkan E-Banking ini akan mendapat beberapa manfaat :
    a. Tidak perlu lagi diribetkan dengan pembayaran dengan metode klasik.
    b. Tidak perlu antri untuk mengambil uang di bank.
    c. Pengiriman uang dapat dilakukan dalam waktu 24 jam.
    d. Untuk melihat saldo rekening kita tanpa perlu ke bank
    e. Transfer antar bank
    f. Pembayaran rekening listrik, air, beli tiket pesawat atau kereta api, TV Kabel, Internet dan sebagainya.
    g. Melihat mutasi rekening
    h. Transaksi-transaksi lebih mudah, cepat, dan bernilai professional
    (Setyawan, 2015).
  6. Lokasi ATM
    Siapa yang tidak mempunyai kartu ATM? Pasti sebagian besar dari Anda yang baca ini punya kartu sakti yang bisa bikin dompet kamu tipis dan nggak repot bawa duit berkarung-karung. Ya, karena dengan kartu ATM ini kamu bisa mengambil uang pada rekening kamu melalui mesin ATM yang disediakan di tempat-tempat tertentu. Sangat praktis sehingga membuat para penggunanya merasa nyaman dan aman. Namun tentu saja perasaan nyaman akan menjadi hilang jika kamu tidak tau dimana letak mesin ATM berada (Krisnadi, 2012). 



    Tapi kekawatiran kamu dapat segera teratasi jika kamu mempunyai Android, karena pada smartphone ini terdapat aplikasi pencari mesin ATM bernama BTN Digital Solution.
    Aplikasi yang dapat di download dengan gratis melalui Google Play ini mempunyai kemampuan untuk menunjukkan mesin ATM BTN terdekat dari posisi dimana kamu sedang berada, fitur ini tentunya harus didukung dengan GPS yang ada di device kamu. Selain menunjukkan mesin ATM BTN terdekat kamu juga dapat mengetahui ATM BTN disekitar kamu yang ditampilkan dalam peta (Maps) dan terdapat juga menu search yang dapat kamu gunakan dengan memasukkan keyword lokasi dan Bank (Krisnadi, 2012).
  7. Promo BTN
    Di saat tanggal tua dan gaji bulanan mulai menipis, langkah yang tepat adalah mencari promo, diskon, dan cash back produk di marketplace kesayangan.


Sumber : DAFTAR PUSTAKA





Share on Google Plus

About Heru Purnomo

Aku hanya seorang biasa. Tapi punya rasa. Dibilang biasa juga gak papa. Yang penting bermanfaat buat semua

0 komentar :

Post a Comment