Hal-hal Sepele dan Simple untuk Membuat Rumah Anda menjadi Nyaman



Meskipun Tuhan telah memberikan manusia waktu yang cukup yaitu 1 hari sama dengan 24 jam tetapi tetap saja rahmat ini tidak dapat dipergunakan semaksimal mungkin oleh beberapa manusia untuk hanya sekadar membuat rumah yang ditinggali terasa nyaman.




Mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja di kantor atau di luar rumah daripada di rumah sendiri. Tanpa disadari, rumah yang seharusnya menjadi suatu tempat yang dirindukan selepas bepergian dari luar menjadi neraka. Duduk atau tidurpun menjadi tidak nyaman.

Hal ini bisa terjadi, karena mereka (para penghuni rumah) tidak melakukan suatu upaya  untuk membuat rumah menjadi HOME SWEET HOME atau BAITI JANNATI (Rumahku Surgaku).

Luangkanlah waktu sejenak atau paksaan diri untuk rileks sejenak dari hiruk pikuk kehidupan Anda. Gunakan waktu 30-45 menit sebelum bekerja, bisa juga ambil saja waktu ini di akhir pekan bagi Anda yang memang sangat sibuk;  berilah perhatian pada tempat tinggal Anda.

Ada beberapa langkah/tips sepele dan simple yang bisa dilakukan untuk membuat rumah menjadi  nyaman dan terasa damai sehingga menjadikan kepulangan Anda dari aktvitas sehari-hari benar-benar menyenangkan :

1.      Segera cuci bersih peralatan makan sehabis digunakan dan jangan biarkan menumpuk karean akan mengundang serangga dan tikus.
2.      Sapu lantai dan buang sampah setiap hari. Hilangkanlah debu dengan menyapu lantai setiap hari. Buatlah udara menjadi segar dengan menyingkirkan sampah setiap hari.
3.      Mampirlah di mini market setelah pulang kantor untuk membeli pewangi ruangan. Pasang pewangi di 3 tempat : kamr tidur, ruang tamu, dan kamar mandi.
4.      Nyalakan lilin atau dupa teraphy saat Anda mengerjakan tugas kantor di rumah.
5.      Jika Anda memiliki cukup ruang di rumah Anda, Anda bisa mengatur area di mana Anda bisa menempatkan tanaman berbunga. Tanaman yang enak  untuk dilihat dan memberi kita rasa damai. Ini adalah cara terbaik  bagi Anda yang mencintai tanaman atau bunga. Nah, jika Anda seorang penyayang binatang, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli seekor kucing atau burung. Memiliki hewan peliharaan di sekitar bisa membuat Anda bahagia terutama saat Anda pulang ke rumah dan Anda melihat kucing Anda berkeliaran atau ke arah Anda.
6.      Jaga agar jendela tidak terhalang dari sinar matahari, tapi sesuaikan kebutuhan sinar matahari sesuai keinginan  Anda. Hal ini  bisa diatur dengan menarik  tirai.
7.      Setelah bekerja tempatkan kembali kemeja dan jas pada gantungan lemari. Atur secara rapi dengan memberi tanggal pemakaian. Misalnya : kemeja dan baju A dipakai pada hari Senin-Selasa. Kemejaa dan jas B digunakan pada hari Rabu-Kamis.
8.      Segera cuci baju kotor agar cucian tidak menumpuk- numpuk sehingga di akhir pekan Anda bisa santai tanpa memikirkan pekerjaan rumah.
9.      Buat jadwal rutin : kapan waktu menyapu, kapan waktu mencuci, membersihkan kamar mandi, membuang sampah, dan sebagainya.
10.  Selanjutnya, screening  peralatan, perabot, benda atau barang yang sering tidak Anda gunakan. Simpan di ruang penyimpanan Anda tapi ingatkan diri Anda untuk memeriksanya sesekali karena mungkin Anda membutuhkannya di lain waktu. Menyimpan barang yang tidak terpakai bisa membuat rumah Anda terlihat lebih luas dan terorganisir.
Share on Google Plus

About Heru Purnomo

Aku hanya seorang biasa. Tapi punya rasa. Dibilang biasa juga gak papa. Yang penting bermanfaat buat semua

0 komentar :

Post a Comment